10 Tips Aman Belanja Online dengan Kartu Kredit

Tips Aman Belanja Online dengan Kartu Kredit - Penipuan dengan kartu kredit makin intens terjadi seiring dengan meluasnya penggunaan jaringan internet dan juga kartu kredit. Banyak konsumen yang merasa kaget karena tiba-tiba saja tagihan kartu kredit miliknya membengkak padahal dia merasa tidak belanja, atau sering juga terjadi kartu kreditnya kadang dipakai untuk membayar berbagai tagihan lain yang notabene bukan miliknya.

tips aman belanja online dengan kartu kredit

Kasus-kasus serupa terjadi karena terjadinya apa yang disebut dengan pencurian identitas. Modusnya, pelaku membuat semacam software berbahaya untuk melakukan pencurian informasi akun dan juga password pengguna internet tatkala sedang belanja secara online, saat melakukan transaksi perbankan tertentu atau saat merespon email palsu yang kadang meminta konfirmasi terkait nomor rekening.

Di pasar-pasar gelap, nomor-nomor kartu kredit cukup banyak diperjualbelikan. Mereka yang punya niat jahat dari seluruh dunia secara bebas bisa membeli nomor-nomor itu, lantas disalahgunakan, semisal membebankan sejumlah biaya tagihan menuju keakun Anda.

Tak ada satupun institusi yang bisa menjamin seseorang tidak bakal menjadi korban penipuan dengan kartu kredit. Dari itu langkah pencegahan lebih baik dilakukan guna mengamankan kartu kredit milik Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya aman belanja online dengan kartu kredit:

Melakukan Pengamanan Data

1). Jangan pernah membuka informasi terkait data keuangan pribadi, semisal nomor kartu kredit, baik melalui telepon ataupun melalui email. Apalagi menaruh data-data penting tersebut di komputer atau di sebuah situs. Untuk diketahui bahwa suatu perusahaan tak akan pernah meminta anda memberitahukan informasi tersebut via telepon ataupun email.
 
Saat anda melakukan belanja online, paling banyak ada sekitar 4 data yang umumnya dibutuhkan dari Anda, yaitu : nomor kartu kredit, kemudian tanggal kadaluarsa kartu, selanjutnya kode keamanan kartu, dan terakhir alamat pengiriman barang. Bila Anda mendapatkan kiriman email yang aneh terkait pesanan dan ia meminta data-data sensitif lainnya, Anda seharusnya curiga bahwa itu adalah kiriman scam.
 
2). Telitilah saat memakai kartu kredit. Simpanlah seluruh tanda terima dari belanjaan Anda hingga Anda menerima report tagihan bulanan anda, lantas setelah itu cocokkan. Pastikanlah bahwa Anda punya kontak untuk mengetahui informasi perusahaan kartu kredit yang sedang Anda pakai. Bila suatu waktu Anda menjadi korban dari tindak penipuan, secepatnya Anda bisa hubungi perusahaan bersangkutan.

3). Kenalilah dari siapa Anda melakukan pembelian. Caranya: lakukan semacam riset kecil-kecilan di jaringan internet, cari tahu selalu tentang perusahaan/merchant dan produk yang ingin Anda beli. Lihatlah apakah ada banyak pembeli yang komplain ke perusahaan tersebut termasuk juga jika ada kasus penipuan dengan kartu kredit. Situs besar seperti eBay biasanya memberikan feedback supaya pembeli dapat membagikan pengalaman mereka. Ketika Anda mencari nama merchant/perusahaan dan produk, lantas Anda tidak mendapatkan rekomendasi atau informasi apapun di pencarian internet, lebih bagus jangananda beli. 

4). Gunakanlah hanya satu kartu kredit untuk melakukan transaksi online supaya Anda lebih mudah untuk melakukan pelacakan bila ada pencurian.

5). Saat Anda melakukan bepergian ke luar negeri, pakailah jangan memakai lebih dari satu kartu kredit, hal ini untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan, usahakan beritahu perusahaan/merchant kartu kredit terkait Anda pergi ke negara mana dan usahakan minta kepada mereka untuk memberikan semacam  alert/notifikasi kepada Anda jika ada aktivitas dari kartu kredit Anda yang di luar kebiasaan. Jangan sampai terjadi nanti ada tagihan dari negara-negara lain padahal Anda sebenarnya tidak pernah berbelanja dan pergi ke negara itu. Beberapa dari merchant/perusahaan kartu kredit ada yang menawarkan semacam alert, mengirimkan semacam notifikasi mengenai aktivitas yang bisa disebut tidak biasa ke gadget, ponsel ataupun ke email Anda.
 
6). Jangan sekali-kali membayar tagihan online anda via komputer publik ataupun via jaringan wireless ataupun juga Wi-Fi publik terkecuali jaringan tersebut aman atau jika Anda menggunakan VPN. 

7). Hindarilah menggunakan kartu debit saat bertransaksi online. Karena uang Anda bakal langsung terpotong bila Anda menjadi salah satu korban penipuan. Di samping itu bahwa undang-undang perlindungan untuk kartu debit terbilang berbeda dengan yang diterapkan pada kartu kredit.

Baca Juga: 

Selain langkah-langkah di atas, hal lain yang sangat penting terkait hal ini adalah melakukan pengamanan komputer milik Anda. Berikut langkah-langkah sederhana untuk mengamankan komputer milik Anda:

1). Lengkapi komputer milik Anda dengan software antivirus dan program-program anti-spyware yang ada. Terlebih bila Anda sering melakukan belanja online dan melakukan berbagai transaksi online banking. Di samping supaya terhindar dari apa yang disebut keylogger (program tertentu bisa merekam apa yang Anda ketik di komputer milik Anda), tindakan itu juga untuk mencegah komputer milik Anda diubah menjadi apa yang disebut dengan komputer 'zombie' yang sebenarnya dikendalikan oleh para hacker.

2). Waspadailah email phishing – yaitu semacam email yang dibuat seperti berasal dari bank ataupun lembaga-lembaga keuangan resmi, yang biasanya berisi permintaan informasi akun ataupun juga mengarahkan Anda ke website mapun situs palsu yang mewajibkan Anda untuk login.

3). Usahakan anda mengetikkan URL situs/website tempat anda belanja langsung di address bar. Janganlah  percaya link yang Anda peroleh dari email ataupun dari web lain begitu saja, sebab bisa jadi itu adalah URL phishing.

Jika sebuah sebuah situs tidak diawali dengan engkripsi "https", ada kemungkinan besar website ini tidak aman digunakan dengan kartu kredit. Ciri lain yang bisa menunjukkan level keamanan suatu situs bila Anda ingin menggunakan kartu kredit ialah terdapat semacam tanda gembok pada laman website/situs bagian bawah, keduanya menunjukkan bahwa website/situs tersebut telah memakai apa yang disebut enkripsi guna melindungi data-data pribadi milik Anda.

Demikian ulasan lengkap tips aman belanja online dengan kartu kredit yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda yang suka berbelanja online menggunakan transaksi kartu kredit.